Entrepreneurship kreatif merupakan pilihan karier yang menjanjikan. Berbekal kemampuan kreativitas dan bakat artistik, kamu bisa menciptakan dan mengembangkan produk atau layanan yang memiliki nilai jual.

Menariknya, entrepreneurship kreatif berkaitan erat dengan jurusan Manajemen. Maklum saja, jurusan ini memberikan kamu pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan mengelola bisnis di industri kreatif.

Jika kamu ingin menjadi entrepreneurship kreatif yang sukses, pertimbangkan untuk kuliah Jurusan Manajemen di SATU University Kampus Bandung. Perluas pengetahuanmu dengan menyimak pembahasan singkat berikut ini.

Apa Itu Entrepreneurship Kreatif?

Entrepreneurship kreatif merupakan jenis kewirausahaan yang fokus pada penciptaan ide inovatif dan orisinal di bidang kreatif, seperti seni, media, desain, teknologi, dan hiburan. Kehadiran entrepreneurship kreatif dapat menghidupkan budaya lokal dan mengembangkannya menjadi produk bernilai jual.  

Melalui ide kreatif yang dimiliki, secara tidak langsung entrepreneurship kreatif telah membuka lapangan pekerjaan dan membantu pemerintah menurunkan angka pengangguran. 

Berbekal pemikiran inovatif dan kreatif, entrepreneur kreatif cenderung menggunakan solusi cerdas untuk menyelesaikan masalah. Hal ini tak hanya mendorong efisiensi operasional bisnis, melainkan juga mengoptimalkan sumber daya yang ada, menekan biaya operasional, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan.

Adapun industri yang menjadi bagian entrepreneurship kreatif, antara lain:

    • Desain grafis
    • Film dan media digital
  • Game development
  • Fotografi
  • Seni dan kerajinan tangan
  • Musik
  • Fesyen
  • Teknologi dan aplikasi inovatif

Ciri Entrepreneuship Kreatif

Entrepreneuship kreatif memiliki sejumlah ciri khas, yakni: 

  • Berbasis Ide Kreatif: produk ataupun layanan yang ditawarkan bukan hanya berdasarkan permintaan atau tren pasar, melainkan hadir dari inovasi dan kreativitas.
  • Nilai Estetika: karya yang dihasilkan memiliki nilai estetika tinggi dan sangat memperhatikan detail baik dari segi bentuk, fungsionalitas, maupun konsep.
  • Menggunakan Bakat dan Keterampilan: entrepreneur kreatif menggunakan bakat dan keterampilan yang dimiliki untuk menciptakan produk unik dengan nilai seni dan daya jual tinggi. 
  • Fokus pada Diferensiasi: entrepreneur kreatif fokus pada diferensiasi untuk menciptakan produk atau layanan yang berbeda, unik, dan menarik dibandingkan pesaing. 
  • Teknologi dan Digitalisasi: entrepreneur kreatif memanfaatkan teknologi digital, seperti platform media sosial, e-commerce, dan konten digital untuk memperluas jangkauan bisnis. 

Tips Memulai Bisnis Kreatif Untuk Pemula 

Bagi kamu yang hendak memulai bisnis kreatif, kamu memerlukan kombinasi tepat antara kreativitas, perencanaan, dan eksekusi yang baik. Untuk memudahkan kamu, berikut tips praktis untuk memulai bisnis kreatif bagi pemula:

Tentukan Ide dan Niche

Temukan bidang kreatif yang ingin kamu kuasai dan minati, misalnya fesyen, musik, desain grafis, fotografi, kerajinan tangan, atau pengembangan gim. Pastikan untuk fokus pada niche yang unik, seperti fesyen vintage, kerajinan ramah lingkungan, atau ilustrasi digital.

Riset Pasar

Lakukan riset pasar untuk memudahkan kamu memahami lebih banyak tentang pelanggan. Mulai dari produk yang dibutuhkan, latar belakang, usia, hingga bagaimana produk yang kamu miliki bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Riset pasar juga berguna untuk mengetahui bisnis serupa serta menganalisis kekurangan dan kelebihan pesaing.

Rancang Rencana Bisnis

Sangat penting untuk merancang rencana bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang. Rencana bisnis bertujuan untuk membantu kamu tetap terarah ketika menghadapi tantangan di masa depan.

Rencana bisnis, meliputi konsep produk atau layanan, modal awal yang dibutuhkan, cara operasional bisnis, serta proyeksi pendapatan dan pengeluaran.

Bangun Brand yang Mudah Diingat

Pilih nama brand yang kuat dan mudah diingat sehingga membantu membangun kesadaran merek. Selain itu ciptakan identitas visual, seperti logo yang mencerminkan karakter bisnis. 

Manfaatkan Platform Digital

Manfaatkan platform digital, seperti situs web, toko online, dan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan. Kamu juga bisa menggunakan penyedia layanan iklan berbayar, seperti Google Ads bisa membantu kamu menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Nah, itulah informasi mengenai tips memulai karier sebagai entrepreneur kreatif yang bisa kamu aplikasikan. Untuk menambah pengetahuanmu dan mengasah kemampuanmu, pilih jurusan Manajemen SATU University Kampus Bandung. Bersama SATU University, Satu Langkah Lebih Maju Melahirkan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia.