PENGENALAN MANAJEMEN SATU UNIVERSITY KAMPUS BANDUNG

Program Studi Manajemen Universitas SATU mengadopsi kurikulum dan metode pembelajaran berbasis teknologi dengan menerapkan kurikulum berbasis industri dan studi kasus terkini serta aplikatif.

Program Studi Manajemen SATU University hadir di Kampus Bandung untuk memberikan kontribusi pendidikan tinggi yang dapat diakses dengan mudah dan terjangkau bagi masyarakat terutama didaerah Bandung dan Provinsi Jawa Barat, menghasilkan lulusan yang kompetitif untuk diserap di dunia usaha serta pengembangan UMKM di era industri global masa kini. Metode pembelajaran siap terap oleh industri UMKM maupun industri di berbagai skala usaha dengan adanya sertifikasi kompetensi dan Enrichment Program.

Saat ini, Program Studi Manajemen juga berada di Kampus Pontianak, Kalimantan Barat. Berfokus memberikan kontribusi pendidikan tinggi yang mudah terjangkau oleh masyarakat terutama di Pontianak, Kalimantan Barat, SATU University juga fokus kepada muatan lokal yang menunjang keunggulan perekonomian terutama di Kalimantan Barat dengan perpaduan dari mata kuliah efektif dalam bidang Manajemen.

VISI DAN MISI

Visi

Menjadi Program Studi S1 Manajemen pilihan yang berfokus pada manajemen usaha kecil, menengah dan bisnis digital untuk membina dan memberdayakan masyarakat dalam membangun dan melayani bangsa.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi S1 Manajemen berkualitas yang siap terap dalam bidang kewirausahaan dan manajemen bisnis berbasis digital.
  • Melakukan penelitian pada bidang manajemen dan digitalisasi yang tepat guna bagi daerah setempat dan UMKM Indonesia.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran bagi
    wilayah setempat di Indonesia.
  • Meluaskan akses layanan pendidikan tinggi di bidang manajemen dan bisnis digital bagi masyarakat Indonesia.
  • Menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah dan UMKM.

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan memiliki kompetensi di bidang manajemen bisnis ; menjadi wirausahawan yang menerapkan nilai-nilai etika, inovatif dan berbasis digital.
  • Menghasilkan intrapreneur dan entrepreneur yang inovatif dan menerapkan nilai-nilai etika dengan kompetensi di bidang manajemen bisnis berbasis digital.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisa masalah manajemen bisnis secara kritis dalam konteks masyarakat dan UMKM setempat.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu memberdayakan sumber daya terbuka untuk belajar secara mandiri dan sepanjang hayat.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu¬† bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam bidang manajemen bisnis dan digitalisasi.

PROSPEK KARIR

Jurusan Manajemen menawarkan beragam prospek karier di berbagai industri dan bisnis. Beberapa prospek karier :

Prospek Karir Detail Profesi
Manajer Umum Profesi ini bertanggung jawab untuk mengelola operasi keseluruhan, memastikan efisiensi dan produktivitas suatu organisasi atau unit bisnis.
Manajer Sumber Daya Manusia Profesi ini bertanggung jawab menangani kebijakan dan praktik sumber daya manusia, termasuk perekrutan, pelatihan, dan pengembangan karyawan.
Manajer Pemasaran Profesi ini bertanggung jawab mengelola strategi pemasaran dalam bentuk digital, penelitian pasar, dan promosi produk atau layanan, mengembangkan program-program pemasaran dan strategi untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
Manajer Keuangan Profesi ini adalah individu yang bertanggung jawab menyusun laporan keuangan, mengelola anggaran, dan membuat keputusan keuangan strategis.
Manajer Proyek Profesi ini adalah individu yang bertanggung jawab dalam mengelola tim dan proyek serta memastikan bahwa seluruh proses bisnis dapat memenuhi kebutuhan dari Perusahaan. Profesi ini memiliki tugas dalam merancang strategi, manajemen tim, koordinasi dengan seluruh stakeholder, dan mengawasi proyek yang berjalan agar sesuai dengan jadwal dan anggaran yang direncanakan.
Konsultan Manajemen Bisnis

 

Profesional yang ahli dalam memberikan saran dan bimbingan kepada perusahaan untuk mengatasi berbagai tantangan bisnis. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang praktik manajemen terbaik, strategi pemasaran, pengembangan organisasi, dan efisiensi operasional.
Marketing Specialist Profesional yang memegang peran penting dalam strategi pemasaran perusahaan. Tugas utamanya adalah Mengelola strategi pemasaran dalam bentuk digital, penelitian pasar, dan promosi produk atau layanan. mengembangkan program-program pemasaran dan strategi untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
Social Media Specialist Profesional yang bertanggung jawab mengelola konten di berbagai platform media sosial sebuah brand, baik itu perusahaan, organisasi, atau bahkan public figure.
Business Intelligence Analyst Profesional yang bertanggungjawab menganalisa data untuk memberikan informasi dan wawasan yang bernilai kepada perusahaan. Memastikan bahwa informasi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan keputusan bisnis dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Wirausaha (Entrepreneur) Individu yang memiliki kemampuan adaptasi, problem solver, lincah (agile), inovatif, serta memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) dan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) untuk menciptakan ide bisnis, memulai bisnis dan mengelola bisnis sendiri sehingga mencapai nilai tambah kompetitif (competitive advantage) untuk pengembangan UMKM di era industri global masa kini maupun era bisnis berbasis digital.

 

KURIKULUM

Semester Nama Mata Kuliah SKS Teori

Semester 1

Character Building: Pancasila 2
Bahasa Indonesia 2
Pengantar Manajemen dan Bisnis 4
Sistem Informasi Manajemen untuk Pemimpin 4
Etika Bisnis dan Komunikasi 4
Ekonomi Bisnis 4
Sub Total 20

Semester 2

Design Thinking 2
Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis 2
Character Building: Kewarganegaraan 2
Manajemen Sumber Daya Manusia 4
Matematika  Bisnis 2
Manajemen Pemasaran 4
Akuntansi dan Keuangan untuk Bisnis 4
Sub Total 20

Semester 3

Proyek Kewirausahaan 4
Manajemen Proyek 4
Character Building: Agama 2
Manajemen Strategi 4
Statistik Bisnis 2/2
Sub Total 18

Semester 4

Ekonomi Digital untuk Industri Kreatif 4
Kewirausahaan Kreatif dan Budaya 2
Strategi Modal Ventura dan Pendanaan Bisnis Baru 4
Social Media & Mobile Marketing 4/2
Retail dan Merchandising 4
Sub Total 20

Semester 5

Seni Grafis Digital 4
Psikologi Industri dan Organisasi 2
Sistem Manajemen Konten 4
Visualisasi Data 4
Metodologi Penelitian untuk Bisnis 4
Aspek Hukum dalam Bisnis 2
Sub Total 20
Semester 6 Enrichment Program 1 2
Sub Total 20
Semester 7 Enrichment Program 2 20
Sub Total 20
Semester 8 Skripsi 6
Sub Total 6
TOTAL 144

ENRICHMENT PROGRAM

INTERNSHIP TRACK

Enrichment Program 1

Semester Nama Mata Kuliah SKS Teori SKS Praktik Total SKS
6 Pengalaman Praktek Manajemen di bidang industri dinamis 4 4 8
Pengembangan manajemen bisnis kreatif 4 4 8
Employability and Entrepreneurial (EES) di Dunia Industri I 4 4
TOTAL SKS 8 12 20

Enrichment Program 2

Semester Nama Mata Kuliah SKS Teori SKS Praktik Total SKS

7

Pengalaman Profesional di Industri Dinamis 4 4 8
Pengembangan Profesi Di Era Digital 4 4 8
Employability and Entrepreneurial di Dunia Industri II 4 4
TOTAL SKS 8 12 20

ENTREPRENEURSHIP TRACK

Enrichment Program 1

Semester Nama Mata Kuliah SKS Teori SKS Praktik Total SKS

6

Inisiasi Bisnis Baru 4 4 8
Proses Pengembangan Produk 4 4 8
EES di Bisnis Baru I 4 4
TOTAL SKS 8 12 20

Enrichment Program 2

Semester Nama Mata Kuliah SKS Teori SKS Praktik Total SKS
7 Peluncuran Produk 4 4 8
Pengembangan Bisnis 4 4 8
EES di Bisnis Baru II 4 4
TOTAL SKS 8 12 20

COMMUNITY DEVELOPMENT TRACK

Enrichment Program 1

Semester Nama Mata Kuliah SKS Teori SKS Praktik Total SKS

6

Implementasi Proyek Keterlibatan Masyarakat di Bidang Manajemen I 4 4 8
Perancangan Manajemen Proyek Keterlibatan Masyarakat I 4 4 8
Kesiapan kerja dan Ketrampilan Kewirausahaan dalam Masyarakat I 4 4
TOTAL SKS 8 12 20

Enrichment Program 2

Semester Nama Mata Kuliah SKS Teori SKS Praktik Total SKS

7

Implementasi Proyek Keterlibatan Masyarakat di Bidang Manajemen II 4 4 8
Perancangan Manajemen Proyek Keterlibatan Masyarakat II 4 4 8
Kesiapan kerja dan Ketrampilan Kewirausahaan dalam Masyarakat II 4 4
TOTAL SKS 8 12 20

KONTAK

Email: manajemenbandung@satu.ac.id

Intagram: @manajemen_satuuniversity

PROFILE PENGAJAR

NAMA PROFIL SINGKAT URL

Narita Risdianovi, S.T., M.B.A.
Ketua Program Studi Manajemen – Kampus Bandung

Narita memiliki pengalaman selama 17 tahun berkontribusi di berbagai sektor seperti bidang pemerintahan, industri makanan, perusahaan pengembangan produk keuangan. Dia juga pernah menjadi seorang wirausaha, penulis buku, penulis artikel di beberapa media sosial,  tenaga pendidik sekolah menengah, dan tenaga pendidik tingkat perguruan tinggi hingga saat ini. Dia adalah seorang pembelajar yang antusias dan bersemangat untuk memberikan pola pikir yang lincah (agile mindset) untuk terus berkembang serta memberikan dampak positif bagi masyarakat. Instagram, klik di sini

LinkedIn, klik di sini

Google Scholar, klik di sini

Antonio Ilyus., S.Pd., M.M.
Subject Content Coordinator Management

Antonio telah berkarir sekitar 14 tahun pada dunia pendidikan baik pada tingkat pendidikan sekolah menengah, pendidikan dan pelatihan diluar kelas dan 3 tahun pada tingkat perguruan tinggi, Antonio juga mempunyai pengalaman yang sangat erat hubungannya dengan bidang manajemen yaitu marketing, event organizer, berwirausaha dan manajerial usaha. Instagram, klik di sini

LinkedIn, klik di sini

Google Scholar, klik di sini