Internet of Things (IoT), Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR) merupakan teknologi terkini yang kehadirannya membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Kehadiran teknologi tak hanya meningkatkan efisiensi dan memberi kenyamanan, tetapi juga membawa dampak buruk jika tidak dikelola dengan baik.

Supaya penggunaan teknologi terkini lebih optimal dan potensi risiko dapat diminimalkan, kamu perlu memahaminya lebih lanjut dengan kuliah jurusan Informatika di SATU University dan pembahasan singkat berikut ini.

Jenis Teknologi Terbaru di Era Modern

Tak dapat dimungkiri bahwa kehadiran teknologi terkini telah mengubah cara manusia dalam berinteraksi sosial, menjalani hidup, dan bekerja. Adapun beberapa jenis teknologi terkini yang dianggap memiliki pengaruh besar dalam berbagai perubahan, antara lain:  

Internet of Things (IoT)

IoT merupakan jaringan perangkat fisik berupa sensor, kendaraan, mesin, alat rumah tangga, atau objek lain yang dilengkapi otomatisasi serta terhubung ke internet sehingga memungkinkan pemantauan secara otomatis dan real time. 

Contoh IoT: smartwatch, sistem pencahayaan pintar, dan termostat pintar.

Virtual Reality (VR)

Virtual Reality merupakan teknologi yang memungkinkan kamu memasuki dunia simulasi dan berinteraksi dengan objek maupun elemen lain layaknya di dunia nyata melalui penggunaan perangkat headset VR. 

Contoh VR: pelatihan simulasi pilot, tur virtual, dan bermain game menggunakan headset VR.

Augmented Reality (AR)

Augmented Reality merupakan teknologi terkini yang memadukan elemen virtual dengan dunia nyata. AR memproyeksikan gambar, suara, dan informasi digital melalui perangkat, seperti kacamata khusus atau ponsel pintar. Alhasil, kamu bisa interaksi dengan objek virtual yang tampak dan terasa nyata.

Contoh AR: Game Pokemon GO.

Manfaat Teknologi Terbaru di Era Modern

Pada dasarnya, IoT melibatkan perangkat fisik yang terhubung serta berbagi data untuk meningkatkan efisiensi dan otomatisasi. Sementara itu, VR menciptakan dunia virtual yang kamu mendapatkan pengalaman imersif yang menyenangkan. AR memperkaya dunia nyata dengan elemen digital yang diintegrasikan secara langsung.

Kehadiran teknologi terkini tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup, memberikan kamu pengalaman baru, membantu proses pembelajaran lebih mudah, meningkatkan akurasi, menghemat tenaga dan biaya, serta memberikan hiburan.

Tak hanya itu saja, kehadiran teknologi tersebut juga menciptakan peluang kerja baru di berbagai sektor. Mulai dari analisis data, pemeliharaan dan keamanan infrastruktur digital pengembangan perangkat lunak, hingga desain pengalaman pengguna.

Makin canggih teknologi yang ada, transformasi di bidang kesehatan, pendidikan, ritel, dan transportasi juga mengalami kemajuan pesat. 

Dampak Teknologi Terbaru Terhadap Kehidupan Manusia

Kendati memiliki banyak manfaat, faktanya kehadiran teknologi terkini juga membawa dampak negatif bagi kehidupan manusia. Beberapa dampak yang dimaksud, antara lain:

  • Makin banyak perangkat terhubung internet, makin tinggi risiko pelanggaran data maupun serangan siber. 
  • Ketergantungan pada IoT dapat membuat kamu menjadi kurang tanggap terhadap masalah yang membutuhkan penyelesaian dengan cepat. 
  • Penggunaan VR berlebihan dapat menyebabkan masalah fisik, seperti ketegangan mata, sakit kepala, mata kering, dan vertigo. 
  • Kecanduan VR dapat menurunkan kesehatan mental dan membuat kamu lebih terikat pada dunia virtual dibandingkan dunia nyata. Pada tingkat parah, kamu tak dapat membedakan dunia nyata dengan dunia virtual.
  • Penggunaan VR yang berlebihan dapat meningkatkan risiko isolasi sosial.
  • Penggunaan AR dapat mengurangi fokus dan meningkatkan risiko kecelakaan ketika berkendara.
  • Ketergantungan pada AR membuat kamu merasa kurang percaya diri untuk menyelesaikan tugas tanpa bantuan teknologi.
  • Secara tidak langsung, teknologi terkini dapat menciptakan kesenjangan sosial dan ekonomi.

Demikianlah informasi mengenai teknologi terkini yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu ingin mempelajari berbagai hal mengenai teknologi tersebut, jangan ragu untuk melanjutkan pendidikan S-1 jurusan Informatika di SATU University Kampus Bandung. Yuk, Satu Langkah Lebih Maju Melahirkan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia bersama SATU University!