INFORMATIKA
Perkenalan
Program Studi Informatika Universitas SATU memiliki keunikan dalam bidang pengembangan ilmu komputer dengan konsentrasi keilmuan rekayasa perangkat lunak, kecerdasan buatan, mobile-apps, aplikasi IoT dan Cloud Computing untuk solusi industrialisasi bagi pengembangan UMKM berskala nasional menuju transformasi digital ke tingkal global. Selain itu, Program Studi Informatika juga dirancang untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berperan penting sebagai inisiator teknologi dengan solusi yang kreatif.
Visi & Misi
Visi
Menjadi program studi pilihan yang unggul dalam menyediakan pendidikan di bidang Informatika dan ilmu komputer untuk menghasilkan lulusan yang mampu memberdayakan masyarakat
Misi
- Meningkatkan kompetensi di bidang informatika yang sesuai dengan standar nasional
- Meningkatkan jiwa wirausahawan dengan cara bekerja sama dengan industri berbasis teknologi yang mendukung program pemerintah
- Mendidik mahasiswa untuk dapat menghadapi permasalahan teknologi dan melihat peluang pemanfaatan teknologi di tengah kehidupan Masyarakat
- Menjadi pelopor dalam pemanfaatan teknologi di bidang UMKM
- Meningkatkan kemampuan dan peran serta dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan pemberdayaan pada Masyarakat
- Menjadikan lulusannya untuk terus meningkatkan kualitas teknologi di bidang UMKM
Tujuan Pembelajaran
- Lulusan memiliki pengetahuan yang dapat bersaing untuk perusahaan berskala nasional
- Lulusan dapat menjadikan teknologi sebagai enabler dalam pengembangan usaha
- Lulusan dapat berinovasi yang didukung dengan teknologi
- Lulusan menghasilkan penelitian yang inovatif dalam bidang informatika untuk Masyarakat
Prospek Karier
- Software Developer
- System Analyst
- IT Consultant
- Software Quality Assurance
- IT Support
- Software Entrepreneur
Kurikulum
Semester | Mata Kuliah | SKS | Total SKS |
Semester 1 | Character Building: Pancasila | 2 | 20 |
Design Thinking | 2 | ||
Algoritma dan Pemrograman | 4/2 | ||
Metode Perancangan Program | 4 | ||
Teknologi Cloud | 2 | ||
Rekayasa Perangkat Lunak | 4 | ||
Semester 2 | Bahasa Indonesia | 2 | 20 |
Proyek Kewirausahaan | 4 | ||
Character Building: Kewargangeraan | 2 | ||
Struktur Data | 4/2 | ||
Aljabar Linear | 4 | ||
Pemrograman Berorientasi Objek | 2 | ||
Semester 3 | Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis | 2 | 20 |
Character Building: Agama | 2 | ||
Matematika Diskrit | 4 | ||
Pemrograman Web | 4 | ||
Teknologi Database | 2/2 | ||
Artificial Intelligence | 4 | ||
Semester 4 | Arsitektur Lapisan Framework | 4 | 18 |
Metodologi Penelitian | 4 | ||
Pemrograman Mobile | 4 | ||
Pola Desain Perangkat Lunak | 2/2 | ||
Cyber Security | 2 | ||
Semester 5 | Manajemen Proyek | 4 | 20 |
Analisis dan Desain Sistem Informasi | 6 | ||
Pemrograman Web Responsif | 4 | ||
Pemrograman Android | 6 | ||
Semester 6 | Current Issue dalam Informatika I | 8 | 20 |
Pengembangan Proyek Informatika I | 8 | ||
Cyber Security dalam Internet of Things | 4 | ||
Semester 7 | Current Issue dalam Informatika II | 8 | 20 |
Pengembangan Proyek Informatika II | 8 | ||
Analisis Big untuk Bisnis | 4 | ||
Semester 8 | Skripsi | 6 | 6 |
Total SKS | 144 SKS |
Tenaga Pengajar
- Vito Hafizh C. P., M.Kom.
- Ghanim Kanugrahan, S.Kom., M.T.I.
- Yudi Ramdhani, S.T., M.Kom.