Kurikulum dan Distribusi Mata Kuliah
Program Studi Manajemen pada Universitas SATU mengadopsi kurikulum dan metode pembelajaran berbasis teknologi dengan menerapkan kurikulum berbasis industri dan studi kasus terkini serta aplikatif. Program studi Manajemen memberikan landasan metode pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep manajemen yang esensial.
Dengan fokus pada pengembangan ketrampilan kepemimpinan, analisis bisnis, ketangkasan berpikir dan pemecahan masalah, jurusan Manajemen Universitas Satu dirancang untuk menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan yang adaptif, lincah (agile), inovatif serta memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship). Lebih lanjut, program studi Manajemen menawarkan berbagai sertifikasi kompetensi dan enrichment program untuk kebutuhan mengelola industri UMKM serta global maupun mengelola bisnis di era digital saat ini.
Program Studi Manajemen di Kampus Bandung bermaksud untuk memberikan kontribusi pendidikan tinggi yang dapat diakses dengan mudah dan terjangkau bagi mayoritas lulusan SMA di Bandung dan Provinsi Jawa Barat guna menghasilkan lulusan SDM yang dapat memenuhi lokasi dunia usaha dan industri termasuk menjadi seorang pemimpin berjiwa kewirausahaan demi perkembangan UMKM di Bandung, Provinsi Jawa Barat, bahkan seluruh wilayah Indonesia.
Visi & Misi :
Visi
Menjadi Program Studi S1 Manajemen pilihan yang berfokus pada manajemen usaha kecil, menengah dan bisnis digital untuk membina dan memberdayakan masyarakat dalam membangun dan melayani bangsa.
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan menghasilkan lulusan S1 Manajemen berkualitas yang siap terap dalam manajemen bisnis dan kewirausahaan berbasis digital.
- Melakukan penelitian pada bidang manajemen dan digitalisasi yang tepat guna terutama bagi daerah setempat dan UMKM Indonesia.
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran bagi
wilayah setempat di Indonesia. - Meluaskan akses layanan pendidikan tinggi di bidang manajemen dan bisnis berbasis digital bagi masyarakat Indonesia.
- Menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah dan UMKM.
Tujuan Pembelajaran:
- Menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan memiliki kompetensi yang unggul di bidang manajemen bisnis; menjadi wirausahawan yang menerapkan nilai-nilai etika, inovatif dan berbasis digital
- menghasilkan intrapreneur dan entrepreneur yang inovatif dan menerapkan nilai-nilai etika dengan kompetensi di bidang manajemen bisnis berbasis digital
- Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisa masalah manajemen bisnis secara kritis dalam konteks masyarakat dan UMKM setempat
- Menghasilkan lulusan yang mampu memberdayakan sumber daya terbuka untuk belajar secara mandiri dan sepanjang hayat
- Menghasilkan lulusan yang mampu bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam bidang manajemen bisnis dan digitalisasi
Prospek Karier :
- Pemimpin di bidang Manajemen dan Bisnis
- Konsultan Manajemen Bisnis
- Digital Marketing Consultant
- Marketing Specialist
- Social Media Specialist
- Business Intelligence
- Wirausahawan (Entrepreneur)
Kurikulum
Semester | Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS Teori | SKS Praktik | Total SKS |
1 | CHAR6001001 | Character Building: Pancasila | 2 | 2 | |
LANG6001001 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | ||
MGMT6001001 | Pengantar Manajemen dan Bisnis | 4 | 4 | ||
ISYS6002001 | Sistem Informasi Manajemen untuk Pemimpin | 4 | 4 | ||
MGMT6003001 | Etika Bisnis dan Komunikasi | 4 | 4 | ||
MGMT6004001 | Ekonomi Bisnis | 4 | 4 | ||
Sub Total | 20 | 0 | 20 | ||
2 | ENTR6001001 | Design Thinking | 2 | 2 | |
MGMT6008001 | Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis | 2 | 2 | ||
CHAR6002001 | Character Building: Kewarganegaraan | 2 | 2 | ||
MGMT6002001 | Manajemen Sumber Daya Manusia* | 4 | 4 | ||
ACCT6002001 | Matematika Bisnis | 2 | 2 | ||
MGMT6007001 | Manajemen Pemasaran* | 4 | 4 | ||
ACCT6001001 | Akuntansi dan Keuangan untuk Bisnis | 4 | 4 | ||
Sub Total | 20 | 0 | |||
3 | MGMT6042001 | Proyek Kewirausahaan* | 4 | 4 | |
MGMT6006001 | Manajemen Operasional* | 4 | 4 | ||
CHAR6003001 | Character Building: Agama | 2 | 2 | ||
MGMT6009001 | Manajemen Strategi* | 4 | 4 | ||
MGMT6047001 | Statistik Bisnis | 2 | 2 | 4 | |
Sub Total | 16 | 2 | 18 | ||
4 | MGMT6010001 | Ekonomi Digital untuk Industri Kreatif | 4 | 4 | |
MGMT6011001 | Kewirausahaan Kreatif dan Budaya | 2 | 2 | ||
MGMT6012001 | Strategi Modal Ventura dan Pendanaan Bisnis Baru | 4 | 4 | ||
MGMT6013001 | Social Media & Mobile Marketing* | 4 | 2 | 6 | |
MGMT6014001 | Retail dan Merchandising | 4 | 4 | ||
Sub Total | 16 | 4 | 20 | ||
5 | DSGN6040001 | Seni Grafis Digital | 4 | 4 | |
PSYC6045001 | Psikologi Industri dan Organisasi | 2 | 2 | ||
ISYS6045001 | Sistem Manajemen Konten | 4 | 4 | ||
ISYS6020001 | Visualisasi Data | 4 | 4 | ||
MGMT6019001 | Metodologi Penelitian* | 4 | 4 | ||
MGMT6005001 | Aspek Hukum dalam Bisnis | 2 | 2 | ||
Sub Total | 20 | 0 | 20 | ||
6 | Enrichment Program 1 | 8 | 12 | 20 | |
Sub Total | 8 | 12 | 20 | ||
7 | Enrichment Program 2 | 8 | 12 | 20 | |
Sub Total | 8 | 12 | 20 | ||
8 | MGMT6050001 | Skripsi* | 6 | 6 | |
Sub Total | 6 | 0 | 6 | ||
TOTAL | 114 | 30 | 144 |
*= Mata Kuliah Penjamin Mutu
Comments :