Program Studi Manajemen pada Universitas SATU mengadopsi kurikulum dan metode pembelajaran berbasis teknologi dengan menerapkan kurikulum berbasis industri dan studi kasus terkini serta aplikatif. Program studi Manajemen memberikan landasan metode pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep manajemen yang esensial.

Dengan fokus pada pengembangan ketrampilan kepemimpinan, analisis bisnis, ketangkasan berpikir dan pemecahan masalah, jurusan Manajemen Universitas Satu dirancang untuk menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan yang adaptif, lincah (agile), inovatif serta memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneurship). Lebih lanjut, program studi Manajemen menawarkan berbagai sertifikasi kompetensi dan enrichment program untuk kebutuhan mengelola industri UMKM serta global maupun mengelola bisnis di era digital saat ini.

Program Studi Manajemen di Kampus Bandung bermaksud untuk memberikan kontribusi pendidikan tinggi yang dapat diakses dengan mudah dan terjangkau bagi mayoritas lulusan SMA di Bandung dan Provinsi Jawa Barat guna menghasilkan lulusan SDM yang dapat memenuhi lokasi dunia usaha dan industri termasuk menjadi seorang pemimpin berjiwa kewirausahaan demi perkembangan UMKM di Bandung, Provinsi Jawa Barat, bahkan seluruh wilayah Indonesia.

Visi & Misi                  :

Visi

Menjadi Program Studi S1 Manajemen pilihan yang berfokus pada manajemen usaha kecil, menengah dan bisnis digital untuk membina dan memberdayakan masyarakat dalam membangun dan melayani bangsa.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan menghasilkan lulusan S1 Manajemen berkualitas yang siap terap dalam manajemen bisnis dan kewirausahaan berbasis digital.
  2. Melakukan penelitian pada bidang manajemen dan digitalisasi yang tepat guna terutama bagi daerah setempat dan UMKM Indonesia.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran bagi
    wilayah setempat di Indonesia.
  4. Meluaskan akses layanan pendidikan tinggi di bidang manajemen dan bisnis berbasis digital bagi masyarakat Indonesia.
  5. Menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah dan UMKM.

Tujuan Pembelajaran:

  1. Menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan memiliki kompetensi yang unggul di bidang manajemen bisnis; menjadi wirausahawan yang menerapkan nilai-nilai etika, inovatif dan berbasis digital
  2. menghasilkan intrapreneur dan entrepreneur yang inovatif dan menerapkan nilai-nilai etika dengan kompetensi di bidang manajemen bisnis berbasis digital
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisa masalah manajemen bisnis secara kritis dalam konteks masyarakat dan UMKM setempat
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memberdayakan sumber daya terbuka untuk belajar secara mandiri dan sepanjang hayat
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam bidang manajemen bisnis dan digitalisasi

Prospek Karier            :

  • Pemimpin di bidang Manajemen dan Bisnis
  • Konsultan Manajemen Bisnis
  • Digital Marketing Consultant
  • Marketing Specialist
  • Social Media Specialist
  • Business Intelligence
  • Wirausahawan (Entrepreneur)

 

Kurikulum   

Semester Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Teori SKS Praktik Total SKS
  1 CHAR6001001 Character Building: Pancasila 2 2
LANG6001001 Bahasa Indonesia 2 2
MGMT6001001 Pengantar Manajemen dan Bisnis 4 4
ISYS6002001 Sistem Informasi Manajemen untuk Pemimpin 4 4
MGMT6003001 Etika Bisnis dan Komunikasi 4 4
MGMT6004001 Ekonomi Bisnis 4 4
Sub Total 20 0 20
2 ENTR6001001 Design Thinking 2 2
MGMT6008001 Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis 2 2
CHAR6002001 Character Building: Kewarganegaraan 2 2
MGMT6002001 Manajemen Sumber Daya Manusia* 4 4
ACCT6002001 Matematika  Bisnis 2 2
MGMT6007001 Manajemen Pemasaran* 4 4
ACCT6001001 Akuntansi dan Keuangan untuk Bisnis 4 4
Sub Total 20 0
3 MGMT6042001 Proyek Kewirausahaan* 4 4
MGMT6006001 Manajemen Operasional* 4 4
CHAR6003001 Character Building: Agama 2 2
MGMT6009001 Manajemen Strategi* 4 4
MGMT6047001 Statistik Bisnis 2 2 4
Sub Total 16 2 18
 4  MGMT6010001 Ekonomi Digital untuk Industri Kreatif 4 4
MGMT6011001 Kewirausahaan Kreatif dan Budaya 2 2
MGMT6012001 Strategi Modal Ventura dan Pendanaan Bisnis Baru 4 4
MGMT6013001 Social Media & Mobile Marketing* 4 2 6
MGMT6014001 Retail dan Merchandising 4 4
Sub Total 16 4 20
 5 DSGN6040001 Seni Grafis Digital 4 4
PSYC6045001 Psikologi Industri dan Organisasi 2 2
ISYS6045001 Sistem Manajemen Konten 4 4
ISYS6020001 Visualisasi Data 4 4
MGMT6019001 Metodologi Penelitian* 4 4
MGMT6005001 Aspek Hukum dalam Bisnis 2 2
Sub Total 20 0 20
 6 Enrichment Program 1 8 12 20
Sub Total 8 12 20
 7 Enrichment Program 2 8 12 20
Sub Total 8 12 20
8  MGMT6050001 Skripsi* 6 6
Sub Total 6 0 6
TOTAL 114 30 144

*= Mata Kuliah Penjamin Mutu