Semester ini saya kebetulan mengajar dua mata kuliah yang saling mirip, namun di dua kelas berbeda dengan angkatan yang berbeda pula. Dalam satu kelas, saya mengajarkan analisa STEEP, sedangkan di kelas satunya lagi, analisa PESTEL. Sempat terbesit dalam benak, menarik juga, kedua konsep saling mirip namun kita mengajarkan keduanya dalam dua mata kuliah yang berbeda. Saat sedang berpikir seperti itu, salah satu Mahasiswa mengangkat tangan dan bertanya: “Pak, bedanya STEEP dengan PESTEL yang dulu saya pernah pelajari apa ya?”. Pertanyaan yang sangat baik, dan saat yang tepat untuk kita bahas.

Mari kita tarik kebelakang dulu. Baik analisa STEEP maupun PESTEL, keduanya adalah konsep untuk menganalisa kondisi lingkungan eksternal dimana suatu perusahaan atau organisasi beroperasi. Keduanya juga sama-sama memiliki komponen yang hampir serupa. STEEP terdiri dari lima (5) faktor, yaitu Social, Technological, Economical, Environmental, dan Political. Sedangkan PESTEL terdiri dari enam (6) faktor yaitu Political, Economic, Social, Technological, Environmental, dan Legal.

Tampak sekali kedua analisa sangatlah mirip satu sama lain, begitu juga fungsi dan cara analisa kedua nya. Namun rupanya, mereka serupa tapi tidak sama. Perbedaan utama dari kedua konsep adalah sebagai berikut:

  • STEEP menekankan pada kondisi yang lebih spesifik dan dalam cakupan lebih kecil. Sedangkan PESTEL lebih pada area bahasan dan cakupan yang jauh lebih luas, dan bersifat lebih detail.
  • Yang paling berbeda, penggunaan STEEP untuk membuat strategi bisnis dan penelitian pemasaran, sedangkan PESTEL lebih untuk pembuatan strategi jangka panjang seperti perencanaan strategis dan pembuatan peraturan-peraturan.

Cukup menarik setelah dipelajari secara lebih jauh, dan untuk Mahasiswa dengan pertanyaan yang sangat baik tersebut, semoga artikel ini dapat membantu menjawab pertanyaan Anda, termasuk menjawab rasa penasaran saya, terimakasih.

Sumber:

Kenneth C. Laudon, Jane P. Laudon (2022). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Essex: Pearson.

Thomas L. Wheelen J., David Hunger, Alan N. Hoffman, Charles E. Bamford (2018). Strategic Management and Business Policy: Globalization, Innovation and Sustainability. USA: Pearson Education Inc.