Peran Humas dalam Manajemen Organisasi Publik
Organisasi merupakan suatu perkumpulan sekelompok orang secara terstuktur dan memiliki prosedur serta cara kerja yang jelas untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi terbagi menjadi 2 (dua) jenis yang kaitan dengan barang dan jasa, yaitu :
- Organisasi bisnis, adalah organisasi yang kegiatan pokoknya adalah menghasilkan barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan. Barang atau jasa disediakan melalui mekanisme pasar dengan adanya transaksi penjual dan pembeli.
- Organisasi publik. Dalam literatur manajemen publik, organisasi publik menerapkan barang atau jasa yang tidak dapat diperoleh melalui mekanisme pasar dan dikelola oleh satu pihak yang mana kebutuhannya adalah mengatur pelayanan kepada masyarakat secara umum.
Dalam struktur organisasi Publik Humas atau kepanjangan dari Hubungan Masyarakat atau Public Relation memiliki peranan sebagai refleksi citra baik dalam organisasi yang bertugas untuk berkomunikasi baik secara satu arah maupun dua arah. Menurut International Public Relations Association (IPRA), Public Relation didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang terencana dan berkelanjutan dalam organisasi publik/pemerintah, maupun lembaga swasta yang bertujuan mendapatkan citra baik serta dukungan dari pihak terkait, seperti pemangku kepentingan (Stakeholder). Public Relation merupakan fungsi manajemen yang membantu mendefinisikan visi, misi organisasi, pencapaian tujuan organisasi, sebagai fasilitator terhadap perubahan organisasional yang tidak dapat dipisahkan dari Lembaga atau organisasi tersebut. Keberadaan Public Relation berada dibawah pimpinan atau mempunyai hubungan langsung dengan pejabat tertinggi pada organisasi tersebut.
Menghadapi era perkembangan teknologi dan digitalisasi, mendorong peran public relation untuk wajib memiliki beberapa kemampuan seperti kemampuan berkomunikasi, adaptif dan kecerdasan dalam berfikir kritis (agility mindset). Dengan memiliki kemampuan tersebut, maka peran public relation adalah sebagai media komunikator dan mengambarkan identitas organisasi, penghasil informasi dan mengembangkan konten informatif yang proposional khususnya kinerja organisasi agar citra organisasi di masyarakat terjaga dengan baik.
Sumber :
- Buku : Manajemen Pelayanan Publik, Juli 2023, ISBN : 978-6235442-87-7
- Ruslan, Rosady. 2005, Manajemen Public Relation & Media Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo
Comments :