Sebagai bagian dari sesi ke 22 di minggu ke 11 mata kuliah Project Kewirausahaan – Satu University Kampus Bandung (26 Mei 2025), pembicara tamu yang hadir adalah seorang Creative Director at MCL Design & Brand Consultant, PT Meranti Kreatif Nusantara, yaitu An Nahl Akmal Hakim, S.M. M.S.M.

Co-Founder muda dengan passion di bidang desain meskipun dengan latar pendidikan Ilmu Manajemen dan Sains Manajemen, beliau dengan kemampuan ilmu manajerial berhasil mendirikan perusahaan rintisan yang berkantor utama di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pak Akmal menerapkan sistem kerja onsite dan online pada karyawannya. Dengan dukungan tim karyawan yang memiliki ilmu berbeda-beda, namun dapat membawa perusahaan jasa yang bergerak di bidang jasa  Design&Branding, Social Media Management, Website Design, dll (meranticreative.com)

Pada kesempatan nya sebagai Guest Lecture di kelas Project Kewirausahaan, Pak Akmal berbagi ilmu dan pengalaman nya bagaimana awalnya merintis ide bisnisnya dan menjadikan model bisnisnya di desain kreatif yang mana merupakan peluang yang sangat bagus di era digitalisasi saat ini dengan masuk ke dalam pasar yang unik. Pak Akmal menganalisa bahwa penempatan kantor di Balikpapan sebagai pendekatan “Blue Ocean” pada strategi peluang mendekatkan konsumen dengan jasa yang ditawarkan. Sebuah model bisnis mengartikulasikan logika dan menyediakan data untuk menunjukkan bagaimana bisnis menciptakan dan memberikan nilai kepada pelanggan, serta menguraikan arsitektur pendapatan, biaya, dan keuntungan. Proses desain model bisnis melibatkan: menentukan manfaat bagi pelanggan, mengidentifikasi segmen pasar yang ditargetkan, memilih teknologi dan fitur yang akan disematkan dalam produk/layanan, mengkonfirmasi aliran pendapatan yang tersedia, dan merancang mekanisme untuk menangkap nilai.

Selain itu, validasi pasar adalah keharusan mutlak sebelum meluncurkan bisnis. Ini melibatkan penentuan apakah ada permintaan nyata untuk produk atau layanan di pasar target, dengan tujuan utama mencapai product-market fit. Proses validasi pasar mencakup riset pengguna, pengujian dan eksperimen, serta analisis data.

Di penghujung sesi, tanya jawab terjadi secara interaktif antara mahasiswa dan guest lecture. Materi yang diberikan sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa dan kelompok mahasiswa untuk menyelesaikan project dan laporan akhir project yang sedang mereka kerjakan pada kelas ini.