Tak dapat dimungkiri bahwa Sistem Informasi berperan penting dalam mendukung seluruh aspek pembuatan gim. Mulai dari pembuatan konsep awal, perilisan, pemeliharaan, hingga distribusi. Penerapan Sistem Informasi mempermudah proses pembuatan gim yang terdiri dari sejumlah tahapan kompleks. 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembuatan gim dan kaitannya dengan Sistem Informasi, kamu bisa mengambil jurusan Sistem Informasi di SATU University. Kamu juga bisa menyimak uraian berikut ini ya!

Peranan Sistem Informasi dalam Tahapan Pembuatan Gim

Dengan adanya Sistem Informasi, proses pengembangan gim menjadi lebih efisien dan terkoordinasi. Alhasil, risiko kesalahan lebih minim dan gim dapat tercipta sesuai standar yang diinginkan serta dapat memenuhi harapan pengguna dan target pasar.

Rencana Ide dan Konsep

Proses gim dimulai dengan perencanaan ide dan konsep. Proses ini melibatkan brainstorming ide, membuat konsep dasar gim, dan menentukan genre, target audiens, platform, serta mekanik game.

Sistem Informasi dapat membantu proses dokumentasi ide, memudahkan kamu menyimpan konsep dan spesifikasi gim, serta memungkinkan terjadinya kolaborasi antara anggota tim melalui platform berbasis cloud, seperti Microsoft Teams atau Google Workspace.

Desain Gim

Pada tahap desain gim, Sistem Informasi berperan dalam pembuatan detail alur cerita, karakter, mekanik gameplay, level desain, dan elemen visual. Penerapan Sistem Informasi juga dapat memudahkan tim desain membuat timeline dan milestones. Kehadiran alat seperti, Jira dan Trello efektif untuk melacak progres dan tugas desain yang berlangsung.

Pengembangan

Pada tahap pengembangan, Sistem Informasi membantu pengembang dan programmer dalam menulis kode gim, menciptakan berbagi elemen visual, menyematkan audio, mengintegrasikan fitur gameplay, mengelola basis data kode, mengatur perangkat lunak, kolaborasi anggota tim, serta memudahkan deteksi masalah teknik maupun bug.  

Pengujian 

Dalam tahap pengujian, Sistem Informasi digunakan untuk memastikan gim bebas dari masalah bug, memiliki performa baik, dan mampu memberikan pengalaman pengguna sesuai harapan. 

Sistem Informasi memungkinkan kamu untuk melakukan pengujian melalui sistem pelaporan bug, pengelolaan database bug, dan dokumentasi hasil uji coba. Platform seperti, TestRail dan Bugzilla bisa digunakan untuk melacak bug dan masalah teknis lainnya selama proses pengujian.

Peluncuran 

Tahap peluncuran gim dilakukan melalui berbagai platform online, seperti Steam, PlayStation Store, dan App Store. Proses distribusi gim ini membutuhkan koordinasi yang baik antara platform distribusi dengan pihak marketing.

Sistem Informasi membantu kelancaran manajemen distribusi digital dan memastikan bahwa gim dapat diunduh dan diinstal dengan mudah oleh pengguna. Tak hanya itu saja, Sistem Informasi juga digunakan untuk mendukung kelancaran kampanye pemasaran digital melalui email marketing atau analitik distribusi.

Pemeliharaan dan Pembaruan

Setelah peluncuran gim, pengembang sering merilis pembaruan untuk memperbaiki bug, merespons umpan balik dari pengguna, dan menambahkan fitur baru. Sistem Informasi membantu kamu memantau umpan balik pengguna melalui forum, media sosial, maupun Customer Relationship Management (CRM). 

Tak hanya itu, alat manajemen proyek Sistem Informasi juga dapat digunakan untuk  merancang dan melacak pembaruan, konten tambahan, serta kolaborasi sehingga anggota tim bisa bekerja secara serentak tanpa terbatas waktu dan lokasi.

Dengan adanya Sistem Informasi, proses pengembangan gim yang kompleks menjadi lebih terkoordinasi dan efisien waktu. Sistem Informasi juga efektif meminimalkan risiko kesalahan yang umum terjadi selama proses penciptaan gim. Alhasil, kamu bisa menghasilkan gim sesuai target pasar dan melampaui harapan pengguna.

Kalau kamu tertarik mempelajari lebih lanjut mengenai Sistem Informasi dan kaitannya dengan proses pembuatan gim, jangan ragu melanjutkan pendidikan di SATU University Kampus Palembang. Ambil jurusan Sistem Informasi dan kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru. 

Berbekal fasilitas mumpuni yang tersedia, kamu bisa mengasah keterampilan yang berguna di dunia kerja. Kuliah jurusan Sistem Informasi di SATU University Kampus Bandung Palembang, Satu Langkah Lebih Maju Melahirkan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia!