Realitas Virtual dan Augmented Reality merupakan dua teknologi inovatif yang kian populer dan berkembang pesat. Tak heran jika kedua teknologi ini sering digunakan dalam berbagai bidang industri, termasuk desain.

Penggunaan Realitas Virtual dan Augmented Reality tak lepas dari hasil visualisasi yang lebih jelas dan mendalam dibandingkan model 2D dan 3D konvensional. Selain itu, penerapan teknologi ini juga dapat menghemat biaya pembuatan model fisik.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai Realitas Virtual dan Augmented Reality, kamu bisa mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual di SATU University. Tambah pengetahuanmu tentang Realitas Virtual dan Augmented Reality melalui artikel singkat berikut.

Pengertian Virtual Reality dan Augmented Reality 

Virtual Reality merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna masuk ke lingkungan virtual menggunakan perangkat khusus, seperti headset VR. Berbekal teknologi ini, kamu bisa mengalami simulasi 3D interaktif yang memberikan pengalaman seolah tengah berada di dunia tersebut. 

Augmented Reality merupakan teknologi yang digunakan untuk menambahkan elemen digital, seperti suara, grafik, dan elemen sensor lainnya ke lingkungan dunia nyata secara langsung. Augmented Reality dapat diakses melalui perangkat, seperti ponsel pintar, tablet, dan kacamata AR.

Kendati Realitas Virtual dan Augmented Reality menawarkan pengalaman pengguna yang lebih mendalam, biaya investasi yang tinggi, keterbatasan teknologi, dan kurangnya keterampilan desainer menjadi tantangan tersendiri.

Potensi Penggunaan Virtual Reality dan Augmented Reality

Pada dasarnya, penggunaan Realitas Virtual dan Augmented Reality dapat meningkatkan visualisasi sehingga menciptakan pengalaman lebih mendalam bagi pengguna. Teknologi ini juga membantu desainer lebih kreatif, efisien, dan mau berkolaborasi dengan tim lain untuk mempercepat penyelesaian proyek. Realitas Virtual juga memungkinkan desainer melihat hasil akhir suatu proyek.

Supaya lebih jelas, berikut potensi Realitas Virtual dan Augmented Reality di bidang desain yang perlu kamu ketahui.

Desain Grafis dan Visual

Dalam desain grafis dan visual, Realitas Virtual memungkinkan pembuatan instalasi atau lingkungan interaktif yang dapat dinikmati secara imersif. Contoh: desainer grafis membuat karya seni interaktif 3D yang dapat dilihat dan dirasakan pengguna secara nyata di ruang virtual. 

Augmented Reality digunakan untuk menciptakan pengalaman grafis interaktif di dunia nyata. Contoh: pemasangan iklan interaktif dapat dilihat langsung menggunakan ponsel pintar untuk meningkatkan pengalaman visual yang lebih menarik dan dinamis.

Desain Produk

Realitas Virtual dalam desain produk berguna untuk membantu desainer membuat prototipe digital yang dapat dieksplorasi dalam 3D. Teknologi ini memudahkan desainer memeriksa setiap detail produk, berinteraksi dengan model produk, melakukan pengujian fungsi, dan ergonominya sebelum menciptakan versi fisik. 

Augmented Reality membantu desainer produk memvisualisasikan desain dalam skala dunia nyata. Contoh: kamu bisa melihat visualisasi ukuran, bentuk, fungsi, dan estetika ponsel pintar yang akan diproduksi.

Desain Game

Dalam industri pembuatan gim, Realitas Virtual sangat potensial untuk menciptakan lingkungan game yang benar-benar imersif. Desainer game dapat merancang dunia yang dapat dieksplorasi pemain dalam sudut pandang 360 derajat. Ini memberikan pengalaman bermain game yang lebih mendalam dan realistis.

Augmented Reality dapat membantu kamu menciptakan gim yang berinteraksi dengan lingkungan nyata. Berbekal penerapan AR, kamu bisa meningkatkan pengalaman bermain gim yang lebih seru dan unik, seperti Pokemon GO. 

Desain Arsitektur

VR memungkinkan desainer dan klien melihat visualisasi hasil akhir bangunan sebelum konstruksi dilakukan. Berbekal Realitas Virtual, kamu bisa berjalan di dalam bangunan lain, melihat ukuran, tata letak, dan detail interior seolah sedang berada di ruangan nyata. 

Augmented Reality memungkinkan klien melihat bagaimana furnitur, dekorasi, dan tata ruang akan terlihat dalam lingkungan nyata. 

Demikianlah informasi mengenai pengertian dan potensi penggunaan Realitas Virtual dan Augmented Reality yang bisa kamu pelajari di Jurusan Desain Komunikasi Visual SATU University Kampus Bandung. Yuk, mulai Satu Langkah Lebih Maju Melahirkan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia bersama SATU University!