Seiring dengan perkembangan industri 4.0, saat ini dampak teknologi informasi sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari – hari. Di era digital ini tidak hanya industri 4.0, namun juga pebisnis UMKM mulai merubah konsep pemasaran nya yang awalnya secara tradisional (door-to-door) menjadi secara digital. Perilaku keputusan pembelian konsumen dalam memilih barang yang diinginkan serta pengalaman yang memuaskan dalam pembelian merupakan dasar dari pemasaran secara digital (Kotler & Kolller, 2016). Strategi digital marketing ini penting bagi bisnis UMKM untuk dapat menjangkau konsumen yang mencari produk/jasa mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan.  

 

Sumber: Freepik.com

Apa sih digital marketing itu? 

Secara umum, digital marketing adalah merupakan kegiatan promosi produk atau jasa dengan menggunakan media internet sebagai alat pemasarannya. Lebih lanjut, digital marketing merupakan kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan penggunaan internet guna meningkatkan target konsumen serta mengetahui perilaku dan profil pelanggan, nilai produk serta loyalitas para pelanggannya Sopiyan, Pipih. (2022).  Contoh implementasinya adalah email secara masif, media sosial, website, maupun e-tailer.   

Disamping meningkatkan penjualan, manfaat lainnya dari penerapan digital marketing ini adalah menghemat biaya promosi serta efektif menargetkan pesan promosi produk/jasa kepada pelanggan yang tepat sehingga dapat menciptakan customer engagement 

Adapun beberapa jenis digital marketing diantaranya adalah Search Engine Optimization (SEO) yang bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas website bisnis yang berasal dari hasil pencarian Google, Social Media Marketing yang bermanfaat untuk membangun komunitas dalam mempromosikan produk/jasa di media sosial, serta Content Marketing yang bermanfaat membagikan konten yang menarik bagi pelanggan.  

Oleh karena itu, kembali kepada pengambil keputusan dalam suatu bisnis, penerapan digital marketing yang mana yang tepat sesuai dengan sasaran, tujuan bisnis nya yang tentunya mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki oleh pebisnis tersebut. Digital marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian produk atau penggunaan jasa yang ditawarkan pebisnis. Semakin banyak media yang dipakai dalam pemasarannya maka akan semakin dikenal produk atau jasa yang ditawarkan. Namun hal ini dapat menciptakan tantangan tersendiri kepada pebisnis untuk siap memproduksi barangnya secara tepat tanpa mengurangi kualitas produk serta memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya hingga tercipta loyalitas pelanggan.  

 

Sumber: 

  • Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Edition New Jersey: Pearson Prentise Hall, Inc.  
  • Sopiyan, Pipih. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal.id.