shared by: Nugroho J. Setiadi, PhD
LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/nugroho-j-setiadi-8b9b0116/
Google citation index: https://scholar.google.com/citations?user=7kvetHUAAAAJ#%21

 

 

Anda tidak akan setuju dengan setiap keputusan organisasi yang diambil oleh pimpinan senior. Namun Anda bisa berdamai dengan arah strategis yang tidak Anda setujui. Mulailah dengan menanyakan beberapa pertanyaan pada diri Anda sendiri.

Situasi spesifik apa yang tidak saya setujui? Tentukan dengan tepat di mana ketidakselarasan terjadi—dan alasannya.

Apa manfaatnya mengesampingkan perselisihan saya? Hal ini mendorong Anda untuk berpikir tentang hikmahnya, dan segala keuntungan jika mengikuti rencana yang tidak populer. Misalnya, Anda mungkin berpikir, “Saya dapat mempertahankan pekerjaan yang saya sukai, meskipun ada perubahan dalam organisasi.”

Bagaimana mengesampingkan perselisihan saya akan bermanfaat bagi tim saya? Setelah Anda mengidentifikasi hikmahnya, akan lebih mudah untuk melihat bagaimana orang lain dapat terkena dampak positifnya.

Informasi apa yang mungkin dimiliki oleh para pengambil keputusan, namun saya tidak memilikinya? Berikan empati dan rahmat kepada para pemimpin Anda. Mungkin ada faktor-faktor yang tidak Anda ketahui. Mempertimbangkan faktor-faktor ini mungkin dapat meredakan rasa frustrasi Anda.

Dengan menerima keputusan ini, tindakan spesifik apa yang harus saya ambil? Anda sekarang siap untuk memetakan tindakan baru. Dengan mengatasi emosi Anda terlebih dahulu, mengarahkannya ke tempat yang positif, dan berpikir di luar sudut pandang Anda sendiri, Anda dapat bertindak dengan niat.

 

Tip ini diadaptasi dari “How to Make Peace with a Company Decision You Don’t Like (hbr.org)” oleh Cheryl Strauss Einhorn

 

Source:  Einhorn, C.S. (2024). How to Make Peace with a Company Decision You Don’t Like. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2024/02/how-to-make-peace-with-a-company-decision-you-dont-like?utm_medium=email&utm_source=newsletter_daily&utm_campaign=mtod_&deliveryName=NL_MTOD_20240301 . Retrieved on 01/03/2024 16:02