Pengenalan

Program Studi Manajemen Universitas SATU dirancang agar kamu memiliki kemampuan adaptasi, berorganisasi, berinovasi, dan kewirausahaan yang didukung teknologi informasi untuk mengantisipasi dinamika persaingan global.

Program Studi Manajemen di Kampus Bandung bermaksud untuk memberikan kontribusi pendidikan tinggi yang dapat diakses dengan mudah dan terjangkau bagi mayoritas lulusan SMA di Bandung dan Provinsi Jawa Barat guna menghasilkan lulusan SDM yang dapat memenuhi lokasi dunia usaha dan industry termasuk perkembangan UMKM di Bandung dan Provinsi Jawa Barat.

Program Studi Manajemen di Kampus Pontianak terletak pada aspek fokus materi lokal yang menunjang keunggulan perekonomian Kalimantan Barat. Aspek materi lokal ini dapat dicapai dengan mengambil bagian dari mata kuliah efektif yang akan mengambil keunggulan dan budaya lokal Kalimantan Barat.

Visi & Misi

Visi

Menjadi Program Studi S1 Manajemen pilihan yang berfokus pada manajemen usaha kecil, menengah dan bisnis digital untuk membina dan   memberdayakan masyarakat dalam membangun dan melayani bangsa.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi S1 Manajemen berkualitas yang siap terap dalam bidang kewirausahaan dan manajemen bisnis berbasis digital.
  2. Melakukan penelitian pada bidang manajemen dan digitalisasi yang tepat guna bagi daerah setempat dan UMKM Indonesia.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang tepat sasaran bagi
    wilayah setempat di Indonesia.
  4. Meluaskan akses layanan pendidikan tinggi di bidang manajemen dan bisnis digital bagi masyarakat Indonesia.
  5. Menjalin kolaborasi dengan pemerintah daerah dan UMKM.

Tujuan Pembelajaran

  • Menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan memiliki kompetensi di bidang manajemen bisnis ; menjadi wirausahawan yang menerapkan nilai-nilai etika, inovatif dan berbasis digital.
  • Menghasilkan intrapreneur dan entrepreneur yang inovatif dan menerapkan nilai-nilai etika dengan kompetensi di bidang manajemen bisnis berbasis digital.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisa masalah manajemen bisnis secara kritis dalam konteks masyarakat dan UMKM setempat.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu memberdayakan sumber daya terbuka untuk belajar secara mandiri dan sepanjang hayat.
  • Menghasilkan lulusan yang mampu bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam bidang manajemen bisnis dan digitalisasi.

Prospek Karier

  • Tim Manajerial Perusahaan
  • Konsultan Manajemen Bisnis
  • Digital Marketing Consultant
  • Marketing Specialist
  • Social Media Specialist
  • Business Intelligence
  • Wirausahawan

Kurikulum

Semester Mata Kuliah SKS Total SKS
Semester 1 Character Building: Pancasila 2 20
Bahasa Indonesia 2
Pengantar Manajemen dan Bisnis 4
Sistem Informasi Manajemen untuk Pemimpin 4
Etika Bisnis dan Komunikasi 4
Ekonomi Bisnis 4
Semester 2 Design Thinking 2 20
Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis 2
Character Building: Kewarganegaraan 2
Manajemen Sumber Daya Manusia 4
Matematika  Bisnis 2
Manajemen Pemasaran 4
Akuntansi dan Keuangan untuk Bisnis 4
Semester 3 Proyek Kewirausahaan 4 18
Manajemen Operasi/Proyek 4
Character Building: Agama 2
Manajemen Strategi 4
Statistik Bisnis 2/2
Semester 4 Bisnis dan Teknologi Terbaharu 4/2 20
Strategi Modal Ventura dan Pendanaan Bisnis Baru 4
Social Media & Mobile Marketing 4/2
Retail dan Merchandising 4
Semester 5 Seni Grafis Digital 4 20
Psikologi Industri dan Organisasi 2
Sistem Manajemen Konten 4
Visualisasi Data 4
Metodologi Penelitian untuk Bisnis 4
Aspek Hukum dalam Bisnis 2
Semester 6 Manajemen Bisnis Kreatif 4/4 20
Kewirausahaan Inovatif 4/4
Kepemimpinan di Era Digital 4
Semester 7 Rantai Pasokan Digital dan Logistik 4/4 20
Interaktif Desain Bisnis Kreatif 4/4
Manajemen Ekspor Impor 4
Semester 8 Skripsi 6 6
Total SKS

144 SKS

Tenaga Pengaja

  1. Narita Risdianovi, S.T., M.B.A.
  2. Anton Ilyus, S.Pd., M.M.