shared by: Nugroho J. Setiadi, PhD
LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/nugroho-j-setiadi-8b9b0116/
Google citation index: https://scholar.google.com/citations?user=7kvetHUAAAAJ#%21

 

 

Akuntabilitas sangat penting untuk memenuhi tenggat waktu, mencapai target, dan meningkatkan pendapatan. Ini tentang menumbuhkan pola pikir yang mendorong pertumbuhan dan kepercayaan, bukan menyalahkan. Kembangkan tiga kebiasaan ini untuk meningkatkan akuntabilitas—dengan penuh kasih sayang—di tim Anda.

Pikirkan ke depan. Saat menugaskan pekerjaan, visualisasikan tugas dan antisipasi tantangan yang akan datang, lalu bicarakan dengan karyawan Anda. Dengan mengomunikasikan ekspektasi dan potensi hambatan secara jelas, Anda akan meningkatkan peluang kesuksesan mereka.

Miliki komitmen Anda. Tetapkan suasana dan bangun kepercayaan dengan tim Anda dengan menepati janji yang Anda buat. Memenuhi tenggat waktu dan memenuhi tanggung jawab secara konsisten menunjukkan akuntabilitas, jadi jika Anda menetapkan tenggat waktu, patuhi tenggat tersebut. Konsistensi ini mencegah pelepasan diri dan mendorong budaya keandalan dan saling menghormati.

Fokus pada solusi. Ketika kesalahan terjadi, fokuslah pada pembelajaran dan pertumbuhan, bukan menyalahkan. Mendorong pendekatan berorientasi tim untuk pemecahan masalah. Diskusikan tindakan apa yang dapat memajukan proyek, dan libatkan semua orang dalam solusinya. Pola pikir yang tidak menghukum ini menumbuhkan keamanan psikologis dan perkembangan berkelanjutan—bahkan melalui kegagalan.

 

Tip ini diadaptasi dari “3 Ways to Compassionately Hold Your Team Accountable (hbr.org)” oleh David Rock dkk.

 

Source:  Rock, D. et.al. (2024). 3 Ways to Compassionately Hold Your Team Accountable. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2024/06/3-ways-to-compassionately-hold-your-team-accountable?utm_medium=email&utm_source=newsletter_daily&utm_campaign=mtod_&deliveryName=NL_MTOD_20240620 . Retrieved on 20/06/2024 15:08