shared by: Nugroho J. Setiadi, PhD
LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/nugroho-j-setiadi-8b9b0116/
Google citation index: https://scholar.google.com/citations?user=7kvetHUAAAAJ#%21

 

 

Rasa Aman psikologis (Psychological safety) sangat penting bagi karyawan baru karena memungkinkan pembelajaran perilaku seperti mengajukan pertanyaan atau mencari bantuan. Penelitian baru menemukan bahwa meskipun orang biasanya mengalami tingkat keamanan psikologis yang tinggi ketika mereka memulai pekerjaan baru, perasaan tersebut cenderung terkikis dengan cepat—dan sulit untuk mendapatkannya kembali setelah hal itu terjadi. Bagaimana Anda dapat memupuk dan memperkuat iklim yang mendukung pembelajaran di tim Anda?

Tanggapi dengan penuh penghargaan ketika karyawan baru menimbulkan—atau menyebabkan—masalah. Saat menanggapi pertanyaan, ide, atau kesalahan mereka, tunjukkan rasa ingin tahu, dukungan, dan terima kasih atas usaha mereka. Penguatan positif ini akan memastikan bahwa keamanan psikologis mereka tidak berkurang, namun semakin meningkat seiring dengan penyesuaian diri mereka dengan pekerjaan.

Tetapkan perlunya pengambilan risiko antarpribadi untuk melakukan pekerjaan dengan baik di tempat kerja. Misalnya saja, membingkai pekerjaan sebagai sesuatu yang rumit dan tidak pasti memperjelas perkiraan bahwa segala sesuatunya akan berjalan salah, dan semakin cepat seseorang memperhatikan dan mengungkapkannya, semakin baik keadaannya.

Ajukan pertanyaan dan dengarkan dengan penuh perhatian. Hal ini menunjukkan apresiasi terhadap ambiguitas, nuansa, dan ketidakpastian serta menumbuhkan budaya keterbukaan dan pembelajaran.

 

Tip ini diadaptasi dari “Research: New Hires’ Psychological Safety Erodes Quickly,” oleh Derrick P. Bransby dkk.

 

Source:  Bransby, D.P. et.al. (2024). Research: New Hires’ Psychological Safety Erodes Quickly. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2024/07/research-new-hires-psychological-safety-erodes-quickly?utm_medium=email&utm_source=newsletter_daily&utm_campaign=mtod_&deliveryName=NL_MTOD_20240724   . Retrieved on 24/07/2024 15:08