Kuliah Umum DKV SATU University “Cultivating Designerly Mindset”
Bandung, 04 Desember 2024 – SATU University
Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) SATU University memiliki komitmen untuk membekali mahasiswa dengan wawasan terkini mengenai perkembangan industri kreatif. Dalam era digital yang berkembang pesat DKV memainkan peran yang semakin penting dalam membentuk dan menyampaikan pesan secara efektif kepada audiens. Desain bukan hanya soal estetika, tetapi juga tentang strategi komunikasi yang dapat mempengaruhi persepsi, emosi, dan keputusan. Hal ini menuntut para desainer untuk terus mengembangkan keterampilan teknis, pemahaman tren terkini, serta wawasan industri yang relevan.
Untuk menjembatani dunia akademik dan dunia profesional tersebut, DKV SATU University merasa perlu untuk menghadirkan pemateri dari kalangan industri yang berpengalaman. Melalui kegiatan kuliah umum ini, mahasiswa akan mendapatkan wawasan langsung dari para praktisi yang berperan aktif dalam dunia desain saat ini. Pemateri dari industri dapat memberikan perspektif nyata mengenai tantangan, peluang, dan inovasi terbaru yang dihadapi oleh para profesional di bidang DKV.
Melalui kegiatan ini, DKV SATU University berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja, serta menciptakan desainer yang tidak hanya kreatif tetapi juga adaptif terhadap perubahan industri yang dinamis. Dengan ini, DKV SATU University mengadakan kuliah umum oleh Aulia Akbar dengan tema “Cultivating Designerly Mindset”
Aulia Akbar adalah seorang desainer grafis yang berdomisili di Bandung. Lulus dari Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Nasional Bandung pada tahun 2014. Ia adalah Design & Research Partner POT Branding House dan anggota ADGI (Asosisasi Desainer Grafis Indonesia). Aulia telah bekerja sebagai desainer grafis untuk Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) dalam perancangan Museum Batur Bali dan Merangin Jambi juga beberapa buku mengenai fenomena geologi di Indonesia sebelum bergabung di POT Branding House. Dengan pengalaman hampir 10 tahun, Aulia telah menangani beberapa proyek untuk brand seperti EIGER, AQUA, IKAT INDONESIA, MYCL, Lima Watch, GWK Nyoman Nuarta, AeroTerra Indonesia, Jendela Papua—Film ORPA, Djarum, Rahsa Nusantara, INFIA, MOHOI (Morotai Home Indonesia) di Messe Frankfurt Ambiente 2019-2020, Frankfurt, Jerman dan menjadi Artistic Director dalam Bandung Design Biennale 2021. Pada tahun 2016 Aulia terpilih sebagai salah satu dari 100 insan kreatif terbaik versi Kreavi, dan pada 2019 bersama Didiet Maulana meluncurkan buku berjudul Kisah Kebaya di London Book Fair.
Aulia juga turut berdedikasi untuk mengajar sebagai dosen luar biasa di Institut Teknologi Nasional Bandung dalam mata kuliah desain informasi (2016), proyek DKV (2017), desain identitas (2018) dan desain editorial (2022). Selain mengajar luring, Aulia juga aktif mengajar daring pada platform Pixel Ninja dengan materi Graphic Design Fundamental serta menginisasi self-publish book/zine berjudul Form & Pressure. Pada tahun 2022 Aulia terpilih sebagai The Most Outstanding Mentor oleh Pixel Ninja by Telkomsel.
Comments :